Metode pengajaran yang digunakan

Sorogan

Sorogan digunakan dalam pembelajaran Al Qur'an dan kitab kuning bagi santri yang telah memiliki kecakapan tertentu. Santri yang cepat belajar akan mendapat lebih banyak materi.

Bandongan

Bandongan/kuliah umum digunakan dalam pembelajaran kitab kuning sesuai kitab yang ditetapkan oleh pengasuh. Santri hanya menyimak dan memberi tanda/arti kata pada kitab digunakan.

Madrasah Diniyah

Rombongan belajar dilaksanakan dalam kelas madrasah diniyah menggunakan kurikulum yang dikeluarkan oleh Rabithah al Ma'ahid al Islami disesuaikan dengan kebijakan lokal.

Pendampingan

Meliputi pendidikan oleh santri senior kepada yunior baik dalam pembelajaran maupun dalam praktek sehari-hari. Pendampingan meliputi juga pengawasan perilaku dan kepribadian.

Mujahadah

Pembelajaran dengan cara olah batin untuk menguatkan aspek rohani. Cara yang digunakan bisa dengan puasa atau membiasakan bacaan tertentu untuk menguatkan mental spiritual.

Musyawarah

Dilaksanakan oleh santri yang telah memiliki kompetensi tertentu sehingga dianggap memiliki modal cukup untuk membahas materi dalam kitab kuning atau pembahasan tertentu.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Pondok Pesantren An-Nadwah di antaranya:
musholla, asrama, aula, sarana MCK, dapur, tempat olah raga.

Perbaikan Musholla

Musholla yang dibangun pada tahun 1981 dibangun ulang menjadi 2 lantai mulai Oktober 2012 dengan dana swadaya masyarakat. Gambar diambil pada 11 Nov 2012.

Asrama Putra

Asrama Putra dibangun pada tahun 2018 atas bantuan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdiri atas 3 kamar tidur.

Musholla

Hasil perbaikan musholla yang dilaksanakan sejak tahun 2012. Lantai bawah difungsikan sebagai musholla sedang lantai atas difungsikan aula.

Kamar mandi santri

Kamar mandi santri dibangun oleh BRI peduli. Terdiri atas 8 ruang dalam satu bangunan. 4 ruang untuk santri putra dan 4 ruang untuk santri putri.

Toilet musholla

Toilet musholla dibangun oleh BRI peduli bersama dengan bangunan kamar mandi santri yang dibangun terpisah. Terdiri atas 2 kamar mandi dan 8 kran wudlu.

Jemuran baju

Jemuran baju dibuat di samping kamar mandi. Jemuran ini dibuat sendiri oleh santri untuk memperluas jemuran lama yang sudah ada di sebelah selatan musholla.

umroh 1

Layanan Khusus...

Paket Umroh

umroh 1

Kopontren

Koperasi Pondok Pesantren Annadwah

kopontren

Kopontren adalah layanan simpan pinjam khusus santri, alumni dan jamaah majelis taklim. Berdiri pada tahun 2000, melanjutkan simpan pinjam yang sudah ada di Majelis Taklim.

Kopontren belum berbadan hukum, sehingga bisa juga disebut pra koperasi.